Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDABK) Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu institusi pemerintahan Provinsi Sumatera Barat yang bertugas menyelenggarakan roda pemerintahan dengan seluruh elemen aparaturnya, bekerja dalam sebuah sistem tata pemerintahan yang diatur sedemikian rupa agar mencapai target utama pembangunan yaitu kesejahteraan masyarakat dan kewibawaan bangsa. Selain itu, sebagai aparatur negara maka menjadi tanggung jawab bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dari berbagai aspek kebutuhannya.
Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengukur kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDABK) Provinsi Sumatera Barat. Tujuan dari kegiatan ini antara lain :
- Melaksanakan sistem pelaporan dan pencatatan indeks kepuasan masyarakat.
- Mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Barat.
- Menganalisis kualitas pelayanan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Barat kepada publik / masyarakat.
- Mengetahui kesesuaian antara kinerja pelayanan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Barat dengan Harapan atau tingkat kepentingan masyarakat
- Mengetahui kepuasan dari inovasi teknologi yang telah dilakukan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Barat berupa aplikasi yang telah dibuat untuk mempermudah pelayanan masyarakat.
- Didapatkannya evaluasi pelayanan sebagai tindak lanjut perbaikan.
Dari hasil pelaksanaan SKM pada dinas SDABK provinsi Sumatera Barat, dapat disimpulkan bahwa penilaian yang didapatkan dari data yang telah dikumpulkan terhadap Kompilasi keseluruhan bidang di Dinas SDABK menunjukkan hasil kinerja pelayanan “Baik”. Hal ini dikarenakan keseluruhan lembaga masyarakat yang berhubungan dengan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi di Provinsi Sumatera Barat telah mencapai kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi Sumatera Barat, sehingga penilaian yang didapatkan menunjukkan rata – rata 3,43 dengan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) sebesar 85,71. Untuk peningkatan pelayanan pada Dinas SDABK Provinsi Sumatera Barat, perlu adanya peningkatan kinerja dalam melakukan pelayanan, sesuai dengan
masukan dari responden dan memberikan sosialisasi dan penyempurnaan terhadap aplikasi yang telah dimiliki Dinas SDABK Provinsi Sumatera Barat, agar berjalan efektif dan efisien sesuai fungsi dan kegunaannya. Terdapat peningkatan mutu pelayanan pada dinas SDABK Provinsi Sumatera Barat sebesar 85% yang berarti dominan responden yang sudah pernah mengisi survei pada tahun 2022 mengakui peningkatan pelayanan terjadi di tahun 2023. Hal tersebut diperkuat oleh perbandingan hasil survei di tahun 2022 yang menunjukkan setiap unsur pelayanan memiliki kenaikan indeks kepuasan masyarakat.